NAMA : CHING
CHING SELVIA
KELAS : 11211631
NPM : 3EA27
MATA KULIAH : PERILAKU KONSUMEN
DOSEN : Tomi Adi
Sumiarso, S.E.
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar!
·
Jawab :
Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi
kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat
dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk.
2. Sebutkan
4 peran segmentasi pasar dalam marketing!
·
Jawab :
-
Memungkinkan kita
untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
-
Mendapatkan input
mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
-
Merupakan basis
bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya
-
Faktor kunci
mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang
berbeda.
3. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar :
a. Geografis
b. Demografis
·
Jawab :
a. Geografis
Segmentasi demografis memisahkan pasar ke dalam
kelompok-kelompok yang didasarkan pada variael umur, jenis kelamin, status,
pendapatan, pekerjaan, pendidikan agama, kewarganegaraan dan kelompok umur.
b. Demografis
Segmentasi demografi adalah pasar dikelompokkan berdasarkan
variabel-variabel pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penduduk, usia,
ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi,
kewarganegaraan dan kelas sosial
4. Jelaskan
segmentasi pasar berdasarkan kepuasan!
·
Jawab :
Segmentasi Passar yang
didasarkan pada kepuasan konsumen yang terbagi menjadi 2 yaitu :
a.
Kepuasan Fungsional yang merupakan kepuasan yang diperoleh dari
fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita
menjadi kenyang.
b.
Kepuasan Psikologikal yang merupakan kepuasan yang diperoleh dari
atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga
karena mendapat pelayanan
5. Sebutkan
beberapa peran seserorang dalam mempengaruhi sebuah keputusan membeli!
·
Jawab :
Peran
seseorang dalam mempengaruhi sebuah keputusan membeli :
a. Pencetus, orang yang pertama kali mengusulkan
gagasan untuk membeli produk atau jasa.
b. Pemberi pengaruh, seseorang dengan
pandangan atau saran yang mempengaruhi keputusan.
c. Pengambil keputusan, seseorang yang
memutuskan setiap komponen dari suatu keputusan pembelian – apakah akan membeli
atau tidak membeli.
d. Pembeli, orang yang melakukan
pembelian yang sesungguhnya.
e. Pemakai, seseorang yang mengkonsumsi
atau menggunakan produk atau jasa yang bersangkutan.
6. Sebutkan
dan jelaskan tahap tahap dalam proses keputusan membeli!
·
Jawab :
a. Pengenalan masalah
Proses membeli dengan
pengenalan masalah atau kebutuhan pembeli menyadari suatu
perbedaan antara keadaan yang sebenarnya dan
keadaan yang diinginkanya.
b. Pencarian informasi
Konsumen
mungkin tidak berusaha secara aktif dalam
mencari informasi sehubungan dengan kebutuhannya.
c. Evaluasi alternatif
Informasi
yang didapat dari calon pembeli digunakan
untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai alternatif-alternatif yang
dihadapinya serta daya tarik masing-masing alternatif.
d. Keputusan pembelian
Produsen harus memahami
bahwa konsumen mempunyai cara sendiri dalam menangani informasi yang
diperolehnya dengan membatasi alternatif-alternatif
yang harus dipilih atau
dievaluasi untuk menentukan produk mana yang akan dibeli.
e. Perilaku setelah
pembelian
Apabila
barang yang dibeli tidak memberikan
kepuasan yang diharapkan, maka pembeli akan merubah sikapnya terhadap
merek barang tersebut menjadi sikap negatif, bahkan mungkin akan menolak dari
daftar pilihan.
7. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan pengetahuan pembeli!
·
Jawab :
Pengetahuan pembeli adalah semua informasi yang dimiliki
konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya
yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan
dengan fungsinya sebagai konsumen.
8. Sebutkan
8 fungsi sikap konsumen!
·
Jawab :
Sikap mempunyai fungsi
sebagai berikut :
-
Fungsi Penyesuaian
-
Fungsi Pertahanan Diri
-
Fungsi Ekspresi Nilai
-
Fungsi Pengetahuan
-
Fungsi Utilitarian
-
Fungsi pembelaan ego
-
Fungsi nilai ekspresif/fungsi identitas social
9. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan sumber daya temporal atau sementara!
·
Jawab :
-
Sumber Daya Temporal – Waktu
Waktu
menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena,
konsumen semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian suatu bagian
waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang.
Produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu
(time goods).
-
SumberDaya Sementara
o Barang yang Menggunakan
Waktu
Produk yang memerlukan
pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya.
-
Barang Penghemat Waktu
o Produk yang menghemat
waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.
10. Jelaskan
pengertian perilaku konsumen menurut :
a. John
C. Mawen dan Michael Minor
b. Engel
Blackwell dan Miniard
·
Jawab :
a. John
C Mawen dan Michael Minor
Menurut John C. Mowen dan Michael Minor
mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying
unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai
produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.
b. Engel Blackwell dan Miniard
Menurut Engel, Blackwell dan
Miniard, menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung
terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
11. Sebutkan
dan jelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen!
·
Jawab :
a. Faktor
Sosial
o
Grup
Sikap
dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak grup-grup kecil.
o
Pengaruh Keluarga
Keluarga
memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian. Para pelaku pasar
telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian
produk dan servis yang berbeda.
o
Peran dan Status
Seseorang
memiliki beberapa kelompok seperti keluarga, perkumpulan-perkumpulan,
organisasi.
b. Faktor Personal
o
Situasi Ekonomi
Keadaan ekonomi
seseorang akan mempengaruhi pilihan produk, contohnya rolex diposisikan
konsumen kelas atas sedangkan timex dimaksudkan untuk konsumen menengah.
o
Gaya Hidup
Pola kehidupan seseorang
yang diekspresikan dalam aktivitas, ketertarikan, dan opini orang tersebut.
o
Kepribadian dan Konsep Diri
Personality adalah
karakteristik unik dari psikologi yang memimpin kepada kestabilan dan respon
terus menerus terhadap lingkungan orang itu sendiri.
o
Umur dan Siklus Hidup
Orang-orang merubah
barang dan jasa yang dibeli seiring dengan siklus kehidupannya. Rasa makanan,
baju-baju, perabot, dan rekreasi seringkali berhubungan dengan umur, membeli
juga dibentuk oleh family life cycle.
o Pekerjaan
Pekerjaan seseorang
mempengaruhi barang dan jasa yang dibeli. Contohnya, pekerja konstruksi sering
membeli makan siang dari catering yang datang ke tempat kerja.
c.
Faktor Psikologi
o Motivasi
Kebutuhan yang mendesak
untuk mengarahkan seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhan. Berdasarkan
teori Maslow, seseorang dikendalikan oleh suatu kebutuhan pada suatu waktu.
o Persepsi
Persepsi adalah proses
dimana seseorang memilih, mengorganisasi, dan menerjemahkan informasi untuk
membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia.
o Pembelajaran
Pembelajaran adalah
suatu proses, yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil dari informasi
terbaru yang diterima..
o Beliefs and Attitude
Beliefs adalah pemikiran
deskriptif bahwa seseorang mempercayai sesuatu. Beliefs dapat didasarkan pada
pengetahuan asli, opini, dan iman.
d.
Faktor Kebudayaan
o Nilai-nilai dasar,
persepsi, keinginan, dan perilaku yang dipelajari seseorang melalui keluarga
dan lembaga penting lainnya.
o Subkultur
Sekelompok orang yang
berbagi sistem nilai berdasarkan persamaan pengalaman hidup dan keadaan,
seperti kebangsaan, agama, dan daerah.
o Kelas Sosial
Pengelompokkan individu
berdasarkan kesamaan nilai, minat, dan perilaku. Kelompok sosial tidak hanya
ditentukan oleh satu faktor saja misalnya pendapatan, tetapi ditentukan juga
oleh pekerjaan, pendidikan, kekayaan, dan lainnya
12. Sebutkan
lima tinggi rendahnya status seseorang menurut Talcoltt Person!
·
Jawab :
Talcott Parsons
menyebutkan lima kriteria tinggi rendahnya status seseorang, yaitu:
-
Kriteria kelahiran: meliputi faktor ras, jenis kelamin,
kebangsawanan, dan sebagainya.
-
Kriteria kualitas pribadi : meliputi kebijakan, kearifan,
kesalehan, kecerdasan, usia dan sebagainya.
-
Kriteria prestasi : meliputi kesuksesan usaha, pangkat dalam
pekerjaan, prestasi belajar, prestasi kerja, dan sebagainya.
-
Kriteria pemilikan: meliputi kekayaan akan uang dan harta benda.
-
Kriteria otoritas : yaitu kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain
sehingga pihak lain tersebut bertindak seperti yang diinginkan.
13. Jelaskan
pengukuran kelas sosial menurut :
a. Aristoteles
b. Karl
Max
e. Jawab
:
a. Aristoteles
Aristoteles membagi
masyarakat secara ekonomi menjadi kelas atau golongan:
o
Golongan sangat kaya
o
Golongan kaya
o
Golongan miskin.
Aristoteles menggambarkan ketiga kelas tersebut seperti piramida:
o
Golongan pertama : merupakan kelompok terkecil dalam
masyarakat. Mereka terdiri dari pengusaha, tuan tanah dan bangsawan.
o
Golongan kedua : merupakan golongan yang cukup banyak
terdapat di dalam masyarakat. Mereka terdiri dari para pedagang, dsbnya.
o
Golongan ketiga : merupakan golongan terbanyak dalam
masyarakat. Mereka kebanyakan rakyat biasa.
b. Karl
Max
Karl Marx juga membagi
masyarakat menjadi tiga golongan, yakni:
o
Golongan kapitalis atau borjuis : adalah mereka yang
menguasai tanah dan alat produksi.
o
Golongan menengah : terdiri dari para pegawai pemerintah.
o
Golongan proletar : adalah mereka yang tidak memiliki tanah dan
alat produksi. Termasuk didalamnya adalah kaum buruh atau pekerja pabrik.
o
Menurut Karl Marx golongan menengah cenderung dimasukkan ke
golongan kapatalis karena dalam kenyataannya golongan ini adalah pembela setia
kaum kapitalis.
14. Jelaskan
pembagian kelas sosial berdasarkan status sosial! Berikan satu contohnya!
·
Jawab :
Kelas sosial timbul
karena adanya perbedaan dalam penghormatan dan status sosialnya. Misalnya,
seorang anggota masyarakat dipandang terhormat karena memiliki status sosial
yang tinggi, dan seorang anggota masyarakat dipandang rendah karena memiliki
status sosial yang rendah.
Contoh :
Pada masyarakat Bali,
masyarakatnya dibagi dalam empat kasta, yakni Brahmana, Satria, Waisya dan
Sudra. Ketiga kasta pertama disebut Triwangsa..
15. Jelaskan
apa yang dimaksud pengaruh individu terhadap perilaku konsumen!
·
Jawab :
Setiap individu yang satu dengan individu yang
lain dalam mengkonsumsi suatu barang dan jasa pasti berbeda. Tetapi ada kalanya
seorang individu dalam mengkonsumsi suatu barang atau jasa dipengaruhi oleh
individu lain sehingga individu tersebut mengikuti individu yang
mempengaruhinya. Oleh karena itu, pengaruh individu sangat menentukan dalam
perilaku konsumsi. Konsumen yang selektif akan aktif melibatkan diri mereka
dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Hal ini dapat menghindari resiko
yang dapat ditimbulkan oleh produk. Jika tingkat keterlibatan tinggi secara
pribadi maka konsumen tersebut sebagai pemimpin opini.
16. Sebutkan
dan jelaskan 5 penawaran dalam pengambilan keputusan konsumsi keluarga!
·
Jawab :
-
Penjaga pintu (gatekeeper).
Inisiator pemikiran keluarga mengenai pembelian produk dan pengumpulan
informasi untuk membantu pengambilan keputusan.
-
Pemberi pengaruh (influencer).
Individu yang opininya dicari sehubungan dengan kriteria yang harus digunakan
oleh keluarga dalam pembelian dan produk atau merek mana yang paling mungkin
cocok dengan kriteria evaluasi itu.
-
Pengambil keputusan (decider).
Orang dengan wewenang atau kekuasaan keuangan untuk memilih bagaimana uang
keluarga akan dibelanjakan dan produk atau merek apa yang yang akan dipilih.
-
Pembeli (buyer). Orang
yang bertindak sebagai agen pembelian yang mengunjungi toko, menghubungi
penyuplai, menulis cek, membawa produk kerumah, dan seterusnya.
-
Pemakai (user). Orang
yang menggunakan produk.
17. Sebutkan
3 faktor – faktor siatuasi konsumen!
·
Jawab :
SITUASI
KOMUNIKASI ; SITUASI PEMBELIAN; SITUASI PEMAKAIAN
18. Jelaskan
pengertian konsumen menurut Philip Kotler!
·
Jawab :
Pengertian
Konsumen menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of
Marketing adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh
barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.
Psikologi
konsumen adalah the study of consumer behavior in a relation environment,
dimana pada psikologi konsumen membahas tingkah laku individu sebagai konsumen.
Psikologi konsumen merupakan merupakan psikologi ekonomi dalam pengertian
mikro.
19. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan sikap, motivasi, dan konseptual!
·
Jawab :
Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau
peristiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu
Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk
mencapai tujuannya. Tiga elemen
utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan
Konsep Diri semua ide, pikiran,
kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu tentang dirinya dan
mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain (Stuart dan Sudeen,
1998). Hal ini temasuk persepsi individu akan sifat dan kemampuannya, interaksi
dengan orang lain dan lingkungan, nilai-nilai yang berkaitan dengan pengalaman
dan objek, tujuan serta keinginannya. Sedangkan menurut Beck, Willian dan
Rawlin (1986) menyatakan bahwa konsep diri adalah cara individu memandang
dirinya secara utuh, baik fisikal, emosional intelektual , sosial dan spiritual.
20. Jelaskan
apa yang dimaksud pengaruh kebudayaan terhadap perilaku konsumen!
·
Jawab :
Faktor budaya memberikan
pengaruh paling luas dan dalam pada perilaku konsumen. Pengiklan harus
mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social
pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku
seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan
perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan
lembaga penting lainnya. Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya
yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih
spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis:
kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis. Banyak
subbudaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar sering kali merancang
produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar