Jumat, 17 Januari 2014

20 SOAL PERILAKU KONSUMEN

NAMA                                    :           CHING CHING SELVIA
KELAS                                   :           11211631
NPM                                       :           3EA27
MATA KULIAH                    :           PERILAKU KONSUMEN
DOSEN                                  :           Tomi Adi Sumiarso, S.E.

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar!
·         Jawab :
Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk.

2.      Sebutkan 4 peran segmentasi pasar dalam marketing!
·         Jawab :
-       Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
-       Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
-       Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya
-       Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.

3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar :
a.       Geografis
b.      Demografis
·         Jawab :
a.       Geografis
Segmentasi demografis memisahkan pasar ke dalam kelompok-kelompok yang didasarkan pada variael umur, jenis kelamin, status, pendapatan, pekerjaan, pendidikan agama, kewarganegaraan dan kelompok umur.
b.      Demografis
Segmentasi demografi adalah pasar dikelompokkan berdasarkan variabel-variabel pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penduduk, usia, ukuran keluarga,  siklus hidup keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan dan kelas sosial 

4.      Jelaskan segmentasi pasar berdasarkan kepuasan!
·         Jawab :
Segmentasi Passar yang didasarkan pada kepuasan konsumen yang terbagi menjadi 2 yaitu :
a.      Kepuasan Fungsional yang merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b.     Kepuasan Psikologikal yang merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat   tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan

5.      Sebutkan beberapa peran seserorang dalam mempengaruhi sebuah keputusan membeli!
·         Jawab :
Peran seseorang dalam mempengaruhi sebuah keputusan membeli :
a.       Pencetus, orang yang pertama kali mengusulkan gagasan untuk membeli produk atau jasa.
b.      Pemberi pengaruh, seseorang dengan pandangan atau saran yang mempengaruhi keputusan.
c.       Pengambil keputusan, seseorang yang memutuskan setiap komponen dari suatu keputusan pembelian – apakah akan membeli atau tidak membeli.
d.      Pembeli, orang yang melakukan pembelian yang sesungguhnya.
e.       Pemakai, seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk atau jasa yang bersangkutan.

6.      Sebutkan dan jelaskan tahap tahap dalam proses keputusan membeli!
·         Jawab :
a.        Pengenalan masalah
Proses membeli dengan pengenalan masalah atau kebutuhan pembeli menyadari  suatu  perbedaan  antara  keadaan  yang  sebenarnya  dan keadaan yang diinginkanya.
b.      Pencarian informasi
Konsumen  mungkin  tidak  berusaha  secara  aktif  dalam  mencari informasi  sehubungan  dengan  kebutuhannya.
c.       Evaluasi alternatif
Informasi  yang  didapat  dari  calon  pembeli  digunakan  untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai alternatif-alternatif yang dihadapinya serta daya tarik masing-masing alternatif.
d.      Keputusan pembelian
Produsen harus memahami bahwa konsumen mempunyai cara sendiri dalam menangani informasi yang diperolehnya dengan membatasi alternatif-alternatif   yang   harus   dipilih   atau   dievaluasi   untuk menentukan produk mana yang akan dibeli.
e.       Perilaku setelah pembelian
Apabila  barang  yang  dibeli  tidak  memberikan  kepuasan  yang diharapkan, maka pembeli akan merubah sikapnya terhadap merek barang tersebut menjadi sikap negatif, bahkan mungkin akan menolak dari daftar pilihan.

7.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengetahuan pembeli!
·         Jawab :
Pengetahuan pembeli adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.

8.      Sebutkan 8 fungsi sikap konsumen!
·         Jawab :
Sikap mempunyai fungsi sebagai berikut :
-       Fungsi Penyesuaian
-       Fungsi Pertahanan Diri
-       Fungsi Ekspresi Nilai
-       Fungsi Pengetahuan
-       Fungsi Utilitarian
-       Fungsi pembelaan ego
-       Fungsi nilai ekspresif/fungsi identitas social

9.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya temporal atau sementara!
·         Jawab :
-       Sumber Daya Temporal – Waktu
Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena, konsumen semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang. Produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (time goods).
-        SumberDaya Sementara
o   Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya.
-       Barang Penghemat Waktu
o   Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.

10.  Jelaskan pengertian perilaku konsumen menurut :
a.       John C. Mawen dan Michael Minor
b.      Engel Blackwell dan Miniard
·         Jawab :
a.       John C Mawen dan Michael Minor
Menurut John C. Mowen dan Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.
b.      Engel Blackwell dan Miniard
 Menurut Engel, Blackwell dan Miniard, menyatakan bahwa perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.

11.  Sebutkan dan jelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen!
·         Jawab :
a.       Faktor Sosial
o   Grup
Sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak grup-grup kecil.
o   Pengaruh Keluarga
Keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian. Para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian produk dan servis yang berbeda.
o   Peran dan Status
Seseorang memiliki beberapa kelompok seperti keluarga, perkumpulan-perkumpulan, organisasi.
b.      Faktor Personal
o   Situasi Ekonomi
Keadaan ekonomi seseorang akan mempengaruhi pilihan produk, contohnya rolex diposisikan konsumen kelas atas sedangkan timex dimaksudkan untuk konsumen menengah.
o   Gaya Hidup
Pola kehidupan seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas, ketertarikan, dan opini orang tersebut.
o    Kepribadian dan Konsep Diri
Personality adalah karakteristik unik dari psikologi yang memimpin kepada kestabilan dan respon terus menerus terhadap lingkungan orang itu sendiri.
o   Umur dan Siklus Hidup
Orang-orang merubah barang dan jasa yang dibeli seiring dengan siklus kehidupannya. Rasa makanan, baju-baju, perabot, dan rekreasi seringkali berhubungan dengan umur, membeli juga dibentuk oleh family life cycle.
o   Pekerjaan
Pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang dibeli. Contohnya, pekerja konstruksi sering membeli makan siang dari catering yang datang ke tempat kerja.
c.       Faktor Psikologi
o   Motivasi
Kebutuhan yang mendesak untuk mengarahkan seseorang untuk mencari kepuasan dari kebutuhan. Berdasarkan teori Maslow, seseorang dikendalikan oleh suatu kebutuhan pada suatu waktu.
o   Persepsi
Persepsi adalah proses dimana seseorang memilih, mengorganisasi, dan menerjemahkan informasi untuk membentuk sebuah gambaran yang berarti dari dunia.
o   Pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu proses, yang selalu berkembang dan berubah sebagai hasil dari informasi terbaru yang diterima..
o   Beliefs and Attitude
Beliefs adalah pemikiran deskriptif bahwa seseorang mempercayai sesuatu. Beliefs dapat didasarkan pada pengetahuan asli, opini, dan iman.
d.      Faktor Kebudayaan
o   Nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang dipelajari seseorang melalui keluarga dan lembaga penting lainnya.
o   Subkultur
Sekelompok orang yang berbagi sistem nilai berdasarkan persamaan pengalaman hidup dan keadaan, seperti kebangsaan, agama, dan daerah.
o   Kelas Sosial
Pengelompokkan individu berdasarkan kesamaan nilai, minat, dan perilaku. Kelompok sosial tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja misalnya pendapatan, tetapi ditentukan juga oleh pekerjaan, pendidikan, kekayaan, dan lainnya

12.  Sebutkan lima tinggi rendahnya status seseorang menurut Talcoltt Person!
·         Jawab :
Talcott Parsons menyebutkan lima kriteria tinggi rendahnya status seseorang, yaitu:
-       Kriteria kelahiran: meliputi faktor ras, jenis kelamin, kebangsawanan, dan sebagainya.
-       Kriteria kualitas pribadi : meliputi kebijakan, kearifan, kesalehan, kecerdasan, usia dan sebagainya.
-       Kriteria prestasi : meliputi kesuksesan usaha, pangkat dalam pekerjaan, prestasi belajar, prestasi kerja, dan sebagainya.
-       Kriteria pemilikan: meliputi kekayaan akan uang dan harta benda.
-       Kriteria otoritas : yaitu kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain sehingga pihak lain tersebut bertindak seperti yang diinginkan.

13.  Jelaskan pengukuran kelas sosial menurut :
a.       Aristoteles
b.      Karl Max
e.       Jawab :
a.       Aristoteles
Aristoteles membagi masyarakat secara ekonomi menjadi kelas atau golongan:
o   Golongan sangat kaya
o   Golongan kaya
o   Golongan miskin.
Aristoteles menggambarkan ketiga kelas tersebut seperti piramida:
o    Golongan pertama : merupakan kelompok terkecil dalam masyarakat. Mereka terdiri dari pengusaha, tuan tanah dan bangsawan.
o    Golongan kedua : merupakan golongan yang cukup banyak terdapat di dalam masyarakat. Mereka terdiri dari para pedagang, dsbnya.
o    Golongan ketiga : merupakan golongan terbanyak dalam masyarakat. Mereka kebanyakan rakyat biasa.
b.      Karl Max
Karl Marx juga membagi masyarakat menjadi tiga golongan, yakni:
o    Golongan kapitalis atau borjuis : adalah mereka yang menguasai tanah dan alat produksi.
o   Golongan menengah : terdiri dari para pegawai pemerintah.
o   Golongan proletar : adalah mereka yang tidak memiliki tanah dan alat produksi. Termasuk didalamnya adalah kaum buruh atau pekerja pabrik.
o   Menurut Karl Marx golongan menengah cenderung dimasukkan ke golongan kapatalis karena dalam kenyataannya golongan ini adalah pembela setia kaum kapitalis.

14.  Jelaskan pembagian kelas sosial berdasarkan status sosial! Berikan satu contohnya!
·         Jawab :
Kelas sosial timbul karena adanya perbedaan dalam penghormatan dan status sosialnya. Misalnya, seorang anggota masyarakat dipandang terhormat karena memiliki status sosial yang tinggi, dan seorang anggota masyarakat dipandang rendah karena memiliki status sosial yang rendah.

Contoh :
Pada masyarakat Bali, masyarakatnya dibagi dalam empat kasta, yakni Brahmana, Satria, Waisya dan Sudra. Ketiga kasta pertama disebut Triwangsa..

15.  Jelaskan apa yang dimaksud pengaruh individu terhadap perilaku konsumen!
·         Jawab :
Setiap individu yang satu dengan individu yang lain dalam mengkonsumsi suatu barang dan jasa pasti berbeda. Tetapi ada kalanya seorang individu dalam mengkonsumsi suatu barang atau jasa dipengaruhi oleh individu lain sehingga individu tersebut mengikuti individu yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, pengaruh individu sangat menentukan dalam perilaku konsumsi. Konsumen yang selektif akan aktif melibatkan diri mereka dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Hal ini dapat menghindari resiko yang dapat ditimbulkan oleh produk. Jika tingkat keterlibatan tinggi secara pribadi maka konsumen tersebut sebagai pemimpin opini.

16.  Sebutkan dan jelaskan 5 penawaran dalam pengambilan keputusan konsumsi keluarga!
·         Jawab :
-       Penjaga pintu (gatekeeper). Inisiator pemikiran keluarga mengenai pembelian produk dan pengumpulan informasi untuk membantu pengambilan keputusan.
-       Pemberi pengaruh (influencer). Individu yang opininya dicari sehubungan dengan kriteria yang harus digunakan oleh keluarga dalam pembelian dan produk atau merek mana yang paling mungkin cocok dengan kriteria evaluasi itu.
-       Pengambil keputusan (decider). Orang dengan wewenang atau kekuasaan keuangan untuk memilih bagaimana uang keluarga akan dibelanjakan dan produk atau merek apa yang yang akan dipilih.
-       Pembeli (buyer). Orang yang bertindak sebagai agen pembelian yang mengunjungi toko, menghubungi penyuplai, menulis cek, membawa produk kerumah, dan seterusnya.
-       Pemakai (user). Orang yang menggunakan produk.

17.  Sebutkan 3 faktor – faktor siatuasi konsumen!
·         Jawab :
SITUASI KOMUNIKASI ; SITUASI PEMBELIAN; SITUASI PEMAKAIAN

18.  Jelaskan pengertian konsumen menurut Philip Kotler!
·         Jawab :
Pengertian Konsumen menurut Philip Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of Marketing adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.
Psikologi konsumen adalah the study of consumer behavior in a relation environment, dimana pada psikologi konsumen membahas tingkah laku individu sebagai konsumen. Psikologi konsumen merupakan merupakan psikologi ekonomi dalam pengertian mikro.

19.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan sikap, motivasi, dan konseptual!
·         Jawab :
Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu
Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan
 Konsep Diri semua ide, pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu tentang dirinya dan mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain (Stuart dan Sudeen, 1998). Hal ini temasuk persepsi individu akan sifat dan kemampuannya, interaksi dengan orang lain dan lingkungan, nilai-nilai yang berkaitan dengan pengalaman dan objek, tujuan serta keinginannya. Sedangkan menurut Beck, Willian dan Rawlin (1986) menyatakan bahwa konsep diri adalah cara individu memandang dirinya secara utuh, baik fisikal, emosional intelektual , sosial dan spiritual.

20.  Jelaskan apa yang dimaksud pengaruh kebudayaan terhadap perilaku konsumen!
·         Jawab :

 Faktor budaya memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada perilaku konsumen. Pengiklan harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya. Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis. Banyak subbudaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar sering kali merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar